Minggu, 14 November 2010

manusia dan tanggungjawab

Manusia
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.

Manusia adalah makhluk yang memiliki otak dan tingkat intelektualnya tinggi (dari sisi biologis), manusia adalah makhluk yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain (sisi sosiologi) dan manusia adalah sosok yang selalu menginginkan kekuasaan (secara politik).


Tanggungjawab
Tanggungjawab menurut bahasa adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggungjawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggungjawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan dari kewajibannya.


Tanggungjawab bersifat kodrati artinya sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Setiap manusia pasti dibebani tanggungjawab dalam hidupnya. Tanngungjawab dapat dilihat dari dua sisi, yaitu sisi yang berbuat dan sisi kepentingan pihak lain.

Macam - macam Tanggungjawab
A. Tanggungjawab terhadap diri sendiri
Tanggungjawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memnuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadiannya. Dengan demikian is dapat menyelesaikan masalahnya.

B. Tanggungjawab terhadap keluarga
Tanggungjawab ini mencakup nama baik keluarga, menjaga kesejahteraan dan keselamatan keluarga. Tanggungjawab ini merupakan tanggungjawab yang paling berat (sama kaya berat badannya erri).

C. Tanggungjawab terhadap masyarakat
Setiap tindakan yang dilakukan oleh setiap manusia harus dipertanggungjawabkann kepada lingkungan sekitar.

D. Tanggungjawab terhadap Bangsa dan Negara
Perbuatan tanggungjawab disini terlihat dari kecintaannya terhadap negara.

E. Tanggungjawab terhadap Tuhan
Manusia harus bertanggungjawab atas apapun yang dilakukan karna semua tindakan manusia akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, apabila melanggarb aturan Tuhan manusia akan dikenakan hukuman.

Wujud tanggungjawab adalah berupa pengabdian dan pengorbanan
Pengabdian
Pengabdian adalah baik perbuatan yang dipikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih dan hormat yang dilakukan dengan iklas.

Pengorbanan
Pengorbanan berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian.

Sumber
"http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab9-manusia_dan_tanggung_jawab.pdf"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar