Minggu, 21 November 2010

manusia dan penderitaan

Manusia
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.

Manusia adalah makhluk yang memiliki otak dan tingkat intelektualnya tinggi (dari sisi biologis), manusia adalah makhluk yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain (sisi sosiologi) dan manusia adalah sosok yang selalu menginginkan kekuasaan (secara politik).


Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita dari bahasa sansekerta yang berarti menahan atau menanggung. Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir dan penderitaan batin. Penderitaan akan dialami oleh setiap orang karna merupakan resiko hidup.

Siksaan
siksaan dapat diartikan sebagai siksaan jasmani atau badan juga dapat berupa siksaan jiwa atau rohani. siksaan yang bersifat psikis misalnya kebimbangan, kesepian dan ketakutan.

Kekalutan mental
yaitu ganguan kejiwaan akibat keidakmamuan seseorang menghadap persoalan yang harus diatasi sehingga yang brsangkutan bertingkah kurang wajar
Gejala-gejala bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental:
1.sering pusing atau sesak napas.
2.merasa cemas ,ketakutan dan mudah marah.

Sebab-sebab timbulnya kekalutan mental:
1.Kepribadian yang lemah
2.Terjadinya konflik sosial budaya
3.Cara pematangan batin

Penderitaan dan perjuangan
Penderitaan merupakan bagian hdup manusia yangbersifat kodrati. Pembebasan dari penderitaan hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup.Pembebasanya merupakan perjuangan hidup

Sebab-sebab penderitaan
1.Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
2.Penderitaan yang timbul karena penyakit atau azab Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar