Senin, 15 November 2010

manusia dan keindahan

Manusia
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.

Manusia adalah makhluk yang memiliki otak dan tingkat intelektualnya tinggi (dari sisi biologis), manusia adalah makhluk yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain (sisi sosiologi) dan manusia adalah sosok yang selalu menginginkan kekuasaan (secara politik).

Keindahan
Keindahan adalah sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang. Dalam Bahasa Indonesia, keindahan berarti keadaan yang enak dipandang. Keindahan dapat memberikan rasa keingintahuan tentang hal yang dipandang. Pada dasarnya segala sesuatu itu indah karena dapat kita lihat dari berbagai sisi dari sesuatu tersebut.

Keindahan itu abstrak
dan akan terlihat jelas jika dihubungkan dengan sesuatu yang nyata (dapat dilihat). Keindahan dapat diartikan menurut luasnya ;
A. Keindahan dalam arti luas.
B. Keindshan dalam estetis murni.
C. Keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dalam pengelihatan.

Nilai Estetik
Nilai Estetik adalah nilai yang berhubungan dengan keindahan. Nilai adalah suatu realitas psikologis yang harus dibedakan secara tegas.

Sumber
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/psychology/study-program-of-psychology-s1/ilmu-budaya-dasar/manusia-dan-keindahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar