Senin, 28 November 2011

internet dan psikologi

Di zaman yang semakin maju ini semua kegiatan bisa dengan mudah dilakukan, hanya dengan "mengklik" satu tombol kita sudah dapat mengetahui apa saja yang terjadi di dunia bagian manapun. Dulu saat internet belum ada, kita harus menulis surat untuk mengetahui kabar teman atau sodara kita yang berbeda daerah atau negara tapi sekarang kita bisa menggunakan email atau chatting langsung dengan orang yang kita tuju. Begitu juga dengan dunia psikologi, dulu sebelum ada internet seorang pasien harus bertemu langsung "menyatroni" kediaman atau tempat praktek seorang psikolog tapi sekarang konsultasi bisa dilakukan dengan mudah. yaitu dengan mengakses situs-situs psikologi yang ada.
Salah satu situs psikologi yang keberadaannya sangat dikenal di Indonesia adalah e-psikologi. E-psikologi adalah website yang dikelola oleh beberapa praktisi di bidang sumber daya manusia dengan didasarkan pada pemikiran untuk mengembangkan peranan Psikologi dalam membantu pengembangan diri individu baik di dalam lingkungan sekitarnya maupun dalam organisasi. Tujuan pembuatannya website ini adalah :
1. Memberikan informasi Psikologi yang berguna
2. Ikut serta dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia
3. Menjadi mitra bagi yang membutuhkan solusi untuk masalah-masalah psikologisnya
Inilah tampilan awal saat kalian membuka situs www.e-psikologi.com
Yuk kita telaah masing-masing dari aplikasi yang tersedia :
1. pencarian artikel
aplikasi ini pencarian artikel ini berguna untuk mempermudah kita mencari artikel yang kita inginkan
2. artikel baru
aplikasi ini berisikan artikel-artikel yang baru saja ditambahkan ke dalam e-psikologi. artikel yang ada diharapkan dapat memberikan masukan pengetahuan bagi setiap pengunjung e-psikologi
3. lingkaran psikologi
didalam lingkarang psikologi ini, setiap gambar dapat diklik, dan didalamnya berisikan artikel sesuai dengan bagian yang kita klik, berikut ini salah satu contohnya
4. tempat konseling
Sebelumnya mari kita bahas sedikit pengertian konseling. konseling menurut James F. Adam adalah suatu pertalian timbal balik antara dua orang individu dimana yang seorang (counselor) membantu yang lain (conselee) supaya ia dapat memahami dirinya dalam hubungan denfgan masalah-masalah hidup yang dihadapinya waktu itu dan waktu yang akan datang.
Secara etimologi, konseling berasal dari bahasa Latin “consilium “artinya “dengan” atau bersama” yang dirangkai dengan “menerima atau “memahami” .
didalam e-psikologi terdapat beberapa link untuk melakukan konseling.
terdapat tiga link yang disediakan untuk pengunjung e-psikologi melakukan konsultasi. pertama adalah link konseling yang berhubungan dengan pemikiran otak, link kedua berisikan link yang berhubungan dengan survey dan link terakhir berisikan program kami (e-psikologi).
Setidaknya itulah sedikit bagian yang bisa saya gambarkan dari tampilan e-psikologi. Situs yang dibuat untuk mempermudah bagi siapapun yang ingin belajar psikologi, selain itu kegiatan konseling pun bisa dilakukan dengan cara online, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke klinik tempat seorang psikolog melakukan praktik.
sumber referensi :
1. http://www.e-psikologi.com/epsi/default.asp
2. http://bintangnyabintang.blogspot.com/2009/11/pengertian-konseling.html

6 komentar:

  1. lebih hemat dengan adanya para psikologi di dunia maya :D

    BalasHapus
  2. semoga dengan ini psikologi jadi lebih berkembang yah.. :)

    BalasHapus
  3. wah berguna bgt nih info'a ternyata qta pun bisa memanfaatkan internet sesuai dgn jurusan qta.hehe

    BalasHapus
  4. nice post, tertarik tertarik.. :9

    BalasHapus
  5. infonya sangat berguna..daebak!! :D

    BalasHapus