Selasa, 05 Oktober 2010

ILMU BUDAYA DASAR

          Pengertian Kebudayaan secara umum adalah jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani ataupun rohani. Pokok - pokok yang terkandung dalam beberapa definisi kebudayaan adalah :
  1. Kebudayaan yang terdapat antar umat beragama
  2. Kebudayaan yang didapat dan diteruskan dari pelajaran
  3. Kebudayaan terjabarkan dalam komponen-komponen biologi, psikologi serta sosiologi
  4. Kebudayaan berstuktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat budaya daerah dan budaya nasional. 
          Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan. Secara lebih kompleks IBD adalah ilmu yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep kebudayaan. Istilah IBD pertama kali dikenalkan di Indonesia sebagai pengganti istilah "basic humanitiesm" yang berasal dari istilah Bahasa Inggris "the humanities".Humanities itu sendiri berasal dari kata human, yang berarti manusia, berbudaya dan halus.
          Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya sedangkan ilmu budaya dasar adalah pengetahuan dasar dan pengertian umum mengenai konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan budaya.

# LATAR BELAKANG ILMU BUDAYA DASAR
  1. Indonesia terdiri dari berbagai suku dan segala macam kebudayaan yang tercermin dalam berbagai aspek kebuyaan, seperti perkawinan dan adat istiadat.
  2. Proses pembangunan yang menimbulkan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai sehingga dapat mempengaruhi mental manusia itu sendiri
  3. Kemajuan ilmu teknologi yang terlalu maju sehingga membuat manusia menjadi sulit untuk berfikir jernih dan pusing
# TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
  1. Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain
  2. Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain
  3. Sebagai bekal penting dalam dunia pergaulan
  4. Dapat bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan
  5. Tanggap terhadap hasil budaya secara lebih dalam
  6. Memiliki pemikiran dan pengelihatan yang jelas serta mendasar
  7. Mampu bersikap disiplin
# RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
           Bertolak dari tujuan diatas maka kita dapat menyimpulkan bahwa ruang lingkup ilmu budaya dasar adalah manusia itu sendiri sebagai pusat pengkajiaannya serta bagaimana cara manusia itu berinteraksi baik dengan Tuhan, sesama manusia, nilai-nilai kemanusiaan yang juga menjadi pusat pengkajian.

# Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar