Kamis, 21 Oktober 2010

manusia dan kebudayaan (ilmu budaya dasar)

Manusia adalah makhluk yang memiliki otak dan tingkat intelektualnya tinggi (dari sisi biologis), manusia adalah makhluk yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain (sisi sosiologi) dan manusia adalah sosok yang selalu menginginkan kekuasaan (secara politik).

Ada 4unsur yang membuat manusia menjadi hidup :
1. Jasad adalah tubuh manusia tampak dan dapat diraba
2. Ruh adalah daya yang bergerak scara spiritual didalam diri manusia
3. Hayat adalah unsur hidup dari manusia
4. Nafs adalah kesadaran tentang diri

Kebudayaan adalah berasal dari kata buddhi yang berarti akal. Kebudayaan adalah hasil pola pikir serta kebiasaan manusia setempat yang diakui. Rasa didalam diri manusia melahirkan kebiasaan dan nilai dimasyarakat untuk mengatur kehidupan bermasyarakat. Setiap masyarakat disatu tempat dan tempat yang lain memiliki kebudayaan yang berbeda-beda dan kebudayaan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Teknologi adalah salah satu contoh kebudayaan, teknologi lahir karna dibutuhkan oleh manusia untuk menguasai dunia sekitar.

Kebudayaan dapat dibedakan menajadi dua yaitu kebudayaan material dan kebudayaan nonmaterial. Kebudayaan material adalah hasil karya manusia yang nyata dan konkret contohnya seperti peralatan kehidupan sedangkan kebudayaan nonmeteril adalah kebudayaan yang abstrak yang diturunkan kepada keturunannya misalnya adalah dongeng.

Unsur-unsur kebudayaan adalah :
1. Bahasa
2. Religi
3. Mata pencaharian
4. Sistem kemasyarakatan
5. Sistem peralatan
6. Pengetahuan
7. Kesenian

Perwujudan kebudayaan dapat dilihat dalam 3bentuk. Perwujudan sebagai kompleks dari ide, gagasan, norma dll. Kebuyaan juga dapat dilihat dari pola tingkah laku suatu masyarakat dan terakhir kebudayaan dapat dilihat dari hasil karya manusia yang nyata dan konkret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar