Senin, 02 April 2012

Psikodiagnostik (v-class)

Berdasarkan Materi 'Proses&Metode dalam Psikodianostik', ada beberapa kesalahan dalam proses informal dari sisi penilai, yaitu hearsay, hallo effect, stereotipe, leneincy effect, mood, dan Proyeksi.
Jelaskan dan berikan contohnya masing-masing!

  1. Hearsay
         Hearsay  :  Informasi yang dikumpulkan oleh satu orang dari orang lain tentang peristiwa, kondisi atau hal dimana orang ;pertama tidak memiliki keahlian atau pengalaman langsung.  
              Contoh : kabar burung atau gosip


  2. Hallo effect
         Hallo effect  :   Bias kognitif yang melibatkan satu sifat mempengaruhi orang lain dalam penilaian seseorang mengenai orang lain.
    Contoh : seseorang laki-laki yang kemayu bukan berarti dia seorang homo
  3. Stereotipe
         Stereotipe  :  Penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok dimana orang tersebut dapat dikategorikan.
    Contoh : persepsi
  4. Leneincy effect
          Leneincy effect  :  Persepsi kesulitan dimana kita memberikan lebih penting untuk sifat-sifat positif seseorang dan memberikan pentingnya dengan sifat-sifat negatif. Ini lebih seperti orang peringkat positif lebih dari biasa.
    Contoh : 
  5. Mood
         Mood  :  Keadaan yang relatif lama, emosional dan abadi atau suasana hati.
    Contoh : perasaan cemas yang akhirnya membuat seseorang ketakutan
  6. Proyeksi
         Proyeksi  :   Mengatribusikan pikiran, perasaan atau motif yang tidak dapat diterima kepada orang lain, mengatakan bahwa impuls-impuls ini dimiliki oleh orang lain diluar sana tidak oleh saya.
    Contoh : Si A memiliki perasaan kepada si B tetapi si A mengatakan bahwa si B lah yang menyukai si A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar