Jumat, 29 April 2011

dampak positif dan negatif teknologi

Di zaman sekarang ini, perkembangan teknologi sudah semakin pesat tidak mungkin bisa diperlambat apalagi dihentikan. Banyak sekali macam teknologi yang menucul setiap tahunnya, mulai dari mesin cuci, handphone televisi dan lain-lain.

Televisi adalah media telekomunikasi yang terkenal dengan bentuk kotak, tampilan gambar dan suara yang ada didalamnya. Di era globalisasi saat ini, televisi bukanlah barang langka lagi di dunia, mulai dari daerah perkotaan yang elite sampai ke daerah pedesaan sudah ada televisi. Banyak acara atau siaran yang disuguhkan didalam televisi ada yang menampilkan nilai-nilai yang mendidik namun tidak sedikit pula yang menampilkan tayangan yang tidak mendidik.

Banyak orang senang menyaksikan tayangan ditelevisi mulai dari anak-anak sampai orang tua, kegiatan itu dilakukan untuk mencari hiburan serta mengisi waktu luang. Namun bahayanya jika anak kecil dibiarkan terlalu lama menyaksikan tayangan di televisi tanpa didampingi oleh orang dewasa karena tidak sedikit tayangan ditelevisi yang menampilkan tontonan yang tidak mendidik.

Berikut ini adalah dampak positif dan negatif yang diciptakan dari televisi :

A. Dampak Positif
 Timbulnya rasa kasih sayang dan persahabatan dalam diri anak lantaran melihat tayangan TV yang menyajikan film anak-anak yang bertema persahabatan.
 Timbulnya krativitas lantaran melihat tayangan televesi yang menyajikan acara mengolah limbah daur ulang dan kreativitas lainnya.
 Timbulnya minat dan bakat lantaran tayangan berita yang menampilkan anak berbakat dalam bidang musik maupun olahraga.
 Anak mendapat hiburan yang mendidik dari acara anak yang disajikan.
 Anak mendapatkan tambahan pengetahuan dari siaran berita, kuis tentang pendidikan dan lain sebagainya.


B. Dampak Negatif
 Dampak kekerasan akibat tayangan TV yang menyajikan unsur kekerasan.
 Dampak rasa takut dan paranoid akibat tayangan TV yang berbau mistis.
 Dampak rusaknya moral akibat tayangan TV yang menyajikan acara pornografi.
 Dampak konsumerisme akibat tayangan TV yang menyajikan kemewahan dan iklan-iklan yang menawarkan produk yang menarik bagi anak.
 Dampak malas belajar akibat lebi senang menonton acara TV yang menarik perhatian anak ketimbang anak harus belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar